Trik Mengambil Foto Terbaik Menggunakan Kamera DSLR

3
0
BERBAGI

Dunia fotografi saat ini tengah mencuri perhatian masyarakat dari berbagai kalangan, hanya bermodalkan kamera, keahlian pengambilan gambar dan kemampuan editing sudah dapat menghasilkan rupiah. Tidak hanya itu, mendapatkan hasil jepretan yang apik, akan memberikan kebanggaan tersendiri. Untuk mendapatkan hasil foto yang maksimal, beberapa fotografer profesional dan mereka yang ahli dalam bidang fotografi memilih menggunakan kamera DSLR. Kamera ini berbeda dengan kamera biasa, baik dari kualitas gambar yang dihasilkan sampai pada fungsin lainnya, hasil foto yang diambil menggunakan kamera DSLR akan jauh lebih hidup dan jernih dibandingkan foto yang diambil menggunakan kamera SLR biasa.

Bagi Anda yang masih tergolong pemula dalam dunia fotografi, tidak perlu khawatir dalam menggunakan kamera DSLR. Berikut ini adalah trik dasar yang dapat dipraktikan langsung oleh pemula dalam pengambilan foto menggunakan kamera DSLR:

  1. Menggunakan fokus manual

Jika belum menguasai penggunaan auto fokus pada kamera DSLR, cobalah untuk menggunakan fokus manual. Cara ini dapat dijadikan alternatif untuk mendapatkan titik fokus yang tepat dan sesuai, menggunakan fokus manual juga dapat dilakukan jika lokasi pemotretan mendapatkan sedikit cahaya.

  1. Memperhatikan nilai ISO

Sebagai pemula, perlu diketahui bahwasanya dalam pengambilan gambar tidak dianjurkan menggunakan ISO yang tinggi, akan tetapi pada kamera DSLR pengambilan gambar dapat melampaui ISO 6400.

  1. Menekan tombol shutter setengah

Cara ini adalah trik dasar yang begitu penting, namun kerapkali diabaikan atau luput dari perhatian para pemula. Trik ini dapat dilakukan dengan dua cara yaitu:

  • Menekan tombol shutter dengan setengah mengunci fokus
  • Menekan tombol shutter secara penuh dan langsung mengklik gambar.

 

Ketiga trik di atas sangat mudah untuk dipraktikan, kunci utama dalam menghasilkan gambar yang apik menggunakan kamera DSLR adalah banyak berlatih. Jika memiliki waktu luang, Anda juga dapat mengutak-atik kamera DSLR sampai menemukan titik terbaik dari hasil objek jepretan. Memang bagi pemula mengoperasikan kamera DSLR tidaklah semudah mengoperasikan kamera SLR, akan tetapi jika terus berlatih maka akan terasa betul kelebihan penggunaan kamera DSLR daripada menggunakan kamera SLR.

 

Selain trik menggunakan kamera DSLR, untuk menghasilkan foto yang jernih dan hidup juga dipengaruhi oleh faktor lain, diantaranya adalah:

  1. Faktor cahaya

Pengambilan gambar dengan tingkat cahaya yang kurang akan mengakibatkan foto yang dihasilkan tambak buram, apalagi jika sang fotografer belum memahami bagaimana cara mengakali pengambilan foto pada objek yang memiliki tingkat cahaya yang kurang.

  1. Kemampuan mengambil sudut foto

Terkadang foto yang dasarnya bagus akan terlihat kurang indah apabila fotografer kurang memahami dalam pengambilan sudut foto. Begitupun sebaliknya, objek foto yang biasa saja akan terlihat apik apabila pengambilan sudut fotonya tepat.

 

Trik dasar dalam penggunaan kamera DSLR bagi pemula dapat dipelajari secara perlahan-lahan, setelah dirasa sudah menguasai trik dan teknik pengambilan foto dasar menggunakan kamera DSLR, barulah Anda bisa memodifikasi objek yang akan dipotret, baik itu memainkan ISO, mengatur cahaya dan memainkan auto fokus. Walaupun trik-trik tersebut dapat dipelajari secara khusus, kenyataannya kebanyakan orang akan belajar secara otodidak karena rasa penasaran sehingga mereka melakukan pengaturan sendiri dan memodifikasi kamera mereka. Itulah beberapa trik pengambilan foto menggunakan kamera DSLR bagi pemula, agar hasil foto yang didapatkan lebih apik dan berkualitas layaknya hasil jepretan fotografer profesional, selamat mencoba.

 

Penulis : Rachma Wibowo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here