Mengatasi Kuota Data Internet Cepat Habis di Android dan iOS

62
0
BERBAGI

Kuota cepat habis, merupakan salah satu permasalahan yang sangat menjengkelkan bagi pemilik smartphone. Ketika sedang seru-serunya berselancar di dunia maya, tiba-tiba jaringan terputus karena kuota yang dimiliki habis, tentulah sangat menjengkelkan. Akan tetapi, tahukan Anda bahwa kuota cepat habis seperti ini sebetulnya dapat ditangani dengan mudah loh, dengan melakukan beberapa cara dan merubah sedikit pengaturan pada smartphone android maka, Anda sudah dapat menghemat kuota internet.

Mengehmat kuota sama saja dengan menghemat pengeluaran, beberapa cara di bawah ini dapat membantu Anda untuk menghemat sekaligus mengatasi kuota yang cepat habis. Berikut adalah cara-caranya:

  1. Matikan fitur maps

Cara pertama yang dapat Anda lakukan adalah mematikan fitur maps, tanpa disadari maps yang online atau dalam keadaan aktif dapat menguras kuota begitu banyak. Banyak pengguna smartphone android yang tidak mengetahui akan hal ini, mulai sekarang agar kuota tidak cepat habis Anda dapat mematikan mode maps ini jika memang tidak terlalu dibutuhkan.

 

  1. Memanfaatkan aplikasi Mailbox

Bagi pengguna android yang sering berkirim email, aplikasi mailbox dapat menjadi alternatif untuk menghemat kuota. Kelebihan mailbox dibandingkan aplikasi gmail biasa adalah, mailbox mampu menyimpan data dari email seperti dari attachment tanpa menyedot kuota secara berlebihan. Jadi, pengguna dapat lebih menghemat.

 

  1. Memilih browser yang digunakan

Beberapa jenis mesin browser ternyata menjadi penyebab utama kuota cepat habis, pilihlah beberapa browser yang hemat seperti opera mini. Opera mini mampu mengompres website ataupun situs yang Anda buka, fitur yang digunakan opera ini adalah fitur data savibg yang bernama video boost. Fitur ini akan meningkatkan kualitas gambar tanpa menyedot internet terlalu banyak.

 

  1. Mematikan opsi sinkronisasi otomatis

Banyak akun yang melakukan sinkronisasi secara otomatis ternyata menyedot banyak sekali kuota, untuk menghindari hal semacam ini Anda dapat mematikan opsi sinkronisasi otomatis. Cara mematikannya cukup mudah, masuklah ke dalam menu setting kemudian pilih account, di dalam menu account pilihlah akun-akun yang tidak ingin disinkronisasikan secara otomatis.

 

 

  1. Mengaktifkan peringatan penggunaan mobile data

Setiap smartphone android pasti dilengkapi dengan peringatan penggunaan data, aktifkan peringtan ini untuk membatasi penggunaan kuota Anda setiap harinya. Batasan kuota dapat ditentukan sendiri, biasanya mulai dari 200MB sampai 1GB dengan mengaktifkan peringatan tersebut, Anda akan mengetahui bahwa penggunaan mobile data sudah mencapai batas maksimal.

 

  1. Uninstall aplikasi yang banyak menyedot kuota dan jarang digunakan

Terlalu banyak aplikasi yang terpasang ternyata dapat menguras kuota Anda secara habis-habisan loh, untuk itu Anda harus mensortir mana saja aplikasi yang jarang digunakan kemudian uninstall saja aplikasi tersebut. Jika aplikasi yang tidak pernah digunakan dibiarkan begitu saja maka, kuota Anda akan terus menerus disedot secara otomatis.

 

  1. Mematikan mobile data saat tidak digunakan

Cara menghemat kuota yang terakhir adalah dengan mematikan mobile data, jika smartphone sedang tidak digunakan lebih baik matikan mobile data Anda. Jika tidak, kuota akan terus mengalir secara percuma walaupun Anda tidak menggunakannya.

Seperti yang sudah disebutkan di atas, bahwa menghemat kuota sama dengan menghemat uang. Pandai-pandailah mengatur penggunaan kuota Anda, gunakan hanya pada saat-saat penting saja jangan terlalu berlebihan, jika Anda selalu stand by mengaktifkan mobile data maka kuota akan cepat habis tanpa Anda sadari, kecuali jika Anda memang menggunakan wifi dimanapun berada, selamat mencoba.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here