Cara Mudah Mengetahui Nomor Induk Siswa Nasional atau NISN Melalui Internet

30
0
BERBAGI

NISN atau Nomor Induk Siswa Nasional menjadi sebuah kode pengenal identitas siswa yang bersifat unik, standar dan berlaku sepanjang masa. Nomor unik ini pun yang dapat membedakan satu siswa dengan siswa lainnya di seluruh sekolah di Indonesia dan Sekolah Indonesia di Luar Negeri. Selain itu, NISN ini pun diberikan kepada setiap peserta didik yang bersekolah di satuan pendidikan yang memiliki NPSN atau Nomor Pokok Sekolah Nasional dan terdaftar di Referensi Kemendikbud.

 

Pada umumnya setiap sekolah memiliki data NISN setiap siswanya, namun terkadang beberapa siswa justru tidak mengetahui NISN-nya. Terlebih jika pihak sekolah tidak mencantumkan NISN salah seorang siswa di daftar siswanya. Seperti yang kita ketahui, pihak sekolah yang merekap NISN tiap siswanya yang bersekolah di sekolah tersebut tentu saja mengambil data NISN dari pihak yang terkait. Lalu mengapa masih ada siswa yang tidak mengetahui NISN-nya? Hal ini kemungkinan besar terjadi karena kesalahan pada saat mendaftar ulang atau kesalahan pihak sekolah yang menyebabkan NISN siswa tidak tercantum pada raport ataupun lembar absensi. Oleh sebab itulah banyak terjadi kasus siswa kelas 9 atau 12 tidak bisa mengikuti Ujian Nasional karena NISN-nya tidak ada. Meskipun begitu, sebenarnya semua siswa memiliki NISN, namun saat mendaftar ulang di sekolah, NISN terlewatkan.

Mengingat pentingnya keberadaan Nomor Induk Siswa Nasional atau NISN ini, tentu saja kita harus mengetahui NISN tersebut. Selain sebagai salah satu syarat untuk mengikuti Ujian Nasional, NISN pun dapat memudahkan seseorang yang berpendidikan non formal melanjutkan ke pendidikan formal. Lalu bagaimana cara mengetahui Nomor Induk Siswa Nasional dengan mudah?

Seiring berkembangnya jaman, rasanya semua kegiatan seakan sudah berbasis teknologi. Bila dulu mencari data kita harus membuka buku-buku tebal dan mencarinya lembar demi lembar, seakan membuat kita malas untuk mencarinya karena data yang tersebar sangat banyak. Namun pada saat ini, semua telah dilakukan dengan berbasis teknologi dan internet. Salah satunya ketika mencari Nomor Induk Siswa Nasional, kita bisa mencarinya di situs Kemdikbud x Dapodik. Hal ini tentu saja akan memudahkan kita untuk mencari NISN, kita akan menghemat waktu karena tidak harus pergi ke Kantor Kemendikbud, melainkan bisa mencarinya sendiri dengan menggunakan internet.

Lalu bagaimana langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk mengetahui Nomor Induk Siswa Nasional? Berikut penjelasannya.

Cara Mudah Mengetahui Nomor Induk Siswa Nasional (NISN)

  1. Bukalah alamat situs Kemdikbud dengan browser di HP/Laptop yaitu htt://nisn.data.kemdikbud.go.id/page/data
  2. Kemudian masuk ke tab pencarian berdasarkan nama
  3. Setelah itu masukkan nama lengkap, tempat lahir dan tanggal lahir Anda
  4. Perlu diperhatikan untuk memasukkan data di atas sesuaikan dengan data sewaktu daftar ulang
  5. Apabila sudah memasukkan data diri di atas, kemudian langkah selanjutnya adalah klik tombol Cari untuk memulai mencari NISN dengan data sesuai yang diisi tadi
  6. Karena aplikasi mulai mencari, tunggullah beberapa saat saat proses pencarian
  7. Jika sudah selesai, NISN sesuai data yang diisi tadi akan langsung terlihat pada halaman situs Kemdikbud
  8. Selesai

Catatan: Jika NISN tidak muncul, periksa kembali data diri yang diisi pada tab pencarian berdasarkan nama tadi. Pastikan tidak ada kesalahan nama, tempat lahir dan tanggal lahir. Bahkan hindari kesalahan ketik, karena hal ini bisa mengakibatkan NISN tidak muncul pada saat proses pencarian.

Demikilan cara mudah mengetahui Nomor Induk Siswa Nasional atau NISN melalui internet. Ketika sudah mengetahui NISN ini, pastikan untuk menyalinnya di buku note atau menulisnya langsung di raport untuk menghindari hal yang tidak diinginkan. Mengingat NISN sangatlah penting, maka dari itu usahakan agar tidak lupa. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here