Cara Mengubah Gambar Menjadi GIF (Bergerak) di Android

12
0
BERBAGI

Ternyata masih banyak para pengguna Android yang masih kebingungan dengan cara mengubah Gambar biasa menjadi Gif (Bergerak) Menggunakan Aplikasi Android. Padahal, aplikasi ini sudah lama muncul di Google Play dan sudah didownload oleh ratusan ribu pengguna. Oh ya, akhir-akhir ini gambar gif biasanya digunakan untuk membuat sebuah gambar yang sama namun terlihat bergerak. Contohnya saya akan mengedit sebuah gambar dengan beberapa efek. Contohnya, pada editan yang pertama saya menggunakan efek Black and White. Langsung di save, lalu saya edit lagi foto yang sama dengan efek yang berbeda, misalnya kita rubah menjadi Mayoritas merah, nah kita gabungkan deh kedua gambar yang sudah kita buat tadi dengan cara di Gif. Otomatis, gambar yang kita buat seakan akan berganti efek dengan sendirinya (Merah dan Black and Whit). Untuk contohnya yang sudah jadi nanti saya share malem ini ya. Silahkan disimak dulu tutorialnya…

Gambar Gif merupakan jenis gambar dengan format file gif yang bisa bergerak atau lebih akrab dengan sebutan gambar animasi. Di internet banyak sekali Gambar gif yang bisa anda temui bahkan sangat mudah di download.

Mungkin anda yang penasaran gimana sih cara buatnya? Apa lewat Hp juga bisa? Tentu saja bisa, bahkan untuk mengedit Gambar gif yang sudah jadipun bisa dilakukan lewat Hp. Sebenarnya Gambar gif itu dibuat dari beberapa gambar dari file jpg, png atau sejenisnya yang dijadikan satu menjadi file gif yang akhirnya menampilkan efek bergerak sesuai dari beberapa gambar tersebut.

Dari gambaran diatas saya anggap anda sudah mengerti, sekarang kita bahas cara membuat Gambar gif nya. Disini saya akan terangkan cara pembuatannya di Hp Android.

Cara membuat Gambar GIF

Yang pertama kita butuhkan adalah aplikasi untuk membuat gambar gif bernamaAnimated Gif Maker atau bisa juga dengan GifMaker. Selain gratis keduanya sama sama bagus menurut saya, anda bisa bandingkan sendiri dengan aplikasi lain yang sejenis.

Update: Animated Gif Maker sudah tidak tersedia versi gratis di Play Store, sobat bisa membeli versi premiumnya atau gunakan GifMaker seperti tutorial disini.

 

Get it on Google Play

Pilih salah satu aplikasi diatas, saya praktekkan menggunakan GifMaker, berikut tutorialnya:

1. Buka GifMaker dan pilih menu “Photos” lalu pilih dua atau lebih foto dari gallery anda. Pilihan foto yang pertama akan menjadi tampilan pertama di gambar gif jadi anda bisa tentukan sendiri, jika sudah klik Next.

2. Tampilan berikutnya adalah pengaturan gambar yang yang nantinya akan terlihat di hasil akhir. Anda bisa merubah ukuran panjang lebar foto/gambar atau meng-cropnya. Atur kualitas filenya dan kecepatan atau delay dari gambar gif.

3. Jika sudah diatur semua tinggal klik “Make” yang ada di pojok kanan atas dan selamat gambar gif buatan anda sudah jadi.

Oh iya, gambar Gif buatan anda juga bisa untuk DP BBM asal ukuran filenya tidak terlalu besar nanti bisa berjalan normal.

Mudah bukan cara membuat gambar gif di android. Agar lebih kreatif bisa dipadukan dengan Photoshop, edit dulu foto atau gambarmu di photoshop kemudian jadikan gambar gif supaya lebih menarik dan terlihat keren.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here