Cara Mengembalikan Keyboard Android Error Atau Tidak Muncul

2
0
BERBAGI

Salah satu permasalahan smartphone android yang sering dialami adalah masalah keyboard, keyboard pada smartphone sering tiba-tiba menghilang atau error. Banyak pengguna smartphone yang tidak mengetahui bagaimana cara mengembalikan keyboard android yang error seperti itu, alhasil pengguna akan melakukan cara-cara yang keliru yang justru akan menambah tingkat kerusakan smartphone Anda.

Sebagai cara awal, ada dua cara mengembalikan keyboard pada android yang error, berikut adalah kedua cara tersebut:

  1. Menghapus data keyboard
    Langkah pertama, hentikan aplikasi khusus yang digunakan untuk menjalankan keyboard, setelah dihentikan hapuslah aplikasi tersebut beserta seluruh datanya. Data yang terhapus hanya berupa cache dari aplikasi itu saja, Anda tidak perlu khawatir terkait data smartphone secara keseluruhan. Cara ini sudah banyak yang membuktikan sebagai cara paling ampuh mengembalikan keyboard smartphone android yang hilang atau error.
  1. Mengganti aplikasi keyboard
    Cara kedua adalah mengganti aplikasi keyboard dengan aplikasi lainnya, untuk proses penggantian ini, terlebih dahulu Anda harus melakukan uninstall pada aplikasi keyboard yang lama. Pastikan ruang smartphone Anda mencukupi untuk mengunduh aplikasi keyboard yang baru ini.

Jika kedua cara di atas masih dianggap kurang efektif, ada langkah-langkah lain yang dapat Anda lakukan, seperti melakukan reboot pada smartphone anda, cobalah mematikan beberapa saat kemudian menghidupkannya kembali. Cara ini adalah cara paling mudah dan paling awal sebelum Anda melakukan uninstall aplikasi keyboard.

Cara di atas dapat dilakukan apabila keyboard pada smartphone benar-benar hilang dan tidak dapat dioperasikan, apabila masih dalam keadaan lemot lebih baik Anda melakukan pembersihan cache saja. Ketika mengalami permasalahan tersebut jangan panik, cobalah beberapa cara dengan pikiran tenang dan jangan terburu-buru membawanya ke tempat service center.

Setelah mengetahui pemaparan di atas, diharapkan bagi pengguna android yang tengah mengalami masalah keyboard dapat mempraktikannya. Jika cara-cara yang disebutkan masih kurang efektif dan kerusakan bertambah parah, barulah Anda dapat membawanya ke pusat service center smartphone terdekat sebelum merembet ke komponen-komponen lainnya, semoga berhasil.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here