Cara Memperbaiki Android Yang Masuk ke Dalam Air

4
0
BERBAGI
Android Tenggelam

Memulihkan smartphone yang sudah masuk ke dalam air sangatlah rentan, jika salah penanganan maka, bisa jadi kerusakan dalam smartphone akan bertambah parah. Banyak pemilik yang salah melakukan penanganan dalam memulihkan smartphone mereka, dalam kasus seperti ini perlu diingat bahwa smartphone yang sudah masuk ke dalam air berarti mesin dan berbagai hardware lain di dalamnya sudah mengalami kontaminasi. Banyak sekali berbagai informasi simpang siur tentang cara memulihkan smartphone yang sudah masuk ke dalam air, dari sekian banyak informasi yang beredar, Anda jangan menelannya mentah-mentah sebab, tidak semua informasi cara pemulihan tersebut benar adanya dan terbukti, dengan kata lain masih perlu ditanyakan tingkat keberhasilan dan keamanannya.

Kali ini Anda tidak perlu lagi khawatir, cara bagaimana memulihkan smartphone yang sudah masuk ke dalam air akan dikupas sedemikian rupa untuk memandu Anda agar tidak salah dalam mengatasi masalah smartphone seperti itu. Berikut adalah cara yang dapat dilakukan:

  1. Segera mengeringkan smartphone

Langkah awal yang dilakukan ketika smartphone masuk ke dalam air adalah Anda harus langsung mengambilnya, semakin lama smartphone  terendam did alam air maka untuk memulihkannya akan semakin sulit. Kemudian segera keringkan smartphone tersebut, untuk bagian luar Anda dapat menggunakan tissue, handuk atau bahan lain yang dapat maksimal menyerap air. Jika bagian luar sudah kering barulah lepas casing smartphone tersebut dan lap juga bagian dalamnya.

 

  1. Memasukkan ke dalam beras

Walaupun cara yang kedua ini terdengar tidak masuk akal, tetapi siapa sangka beras mampu menyerap air secara efektif yang ada di bagian smartphone. Masukkan smartphone yang sudah dilap tadi ke dalam beras sekitar sat sampai dua hari, setelah itu ambil, kemudian Anda bersihkan kembali secara seksama pastikan tidak ada serbuk beras yang masuk dalam smartphone Anda.

 

  1. Memasukkan ke dalam dry box

Setelah Anda menimbun smartphone selama satu hari di dalam beras, Anda juga dapat memasukkannya ke dalam dry box. Dry box ini biasanya digunakan sebagai wadah penyimpanan kamera digital, masukkan smartphone yang sudah dibersihkan dari beras ke dalamnya kemudian kembali didiamkan selama satu hari.

 

  1. Mengecek baterai

Setelah smartphone dirasa sudah cukup kering, cobalah nyalakan smartphone Anda, nyalakan secara perlahan-lahan jangan terburu-buru. Jika smartphone masih tidak mau menyala, alternatif terakhir yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan pengecekan baterai, caranya hubungkan smartphone Anda dengan pengisi daya (charger) dan coba kembali untuk dinyalakan.

 

  1. Mengganti mesin dan baterai smartphone

Apabila berdasarkan cara keempat smartphone dapat menyala tetapi harus terhubung dengan pengisi daya, maka sudah dapat dipastikan jika smartphone Anda mengalami masalah terutama pada bagian baterai. Ditambah lagi jika smartphone berubah menjadi cepat panas, maka kerusakan sudah merambat sampai pada mesin. Segera matikan dan gantilah baterai serta mesin dari smartphone Anda di service center terdekat.

 

Cara penanganan smartphone yang masuk ke dalam air memang perlu kehati-hatian dan tingkat ketelitian yang tinggi, sebagai orang awam lebih baik hindari mengutak-atik smartphone jika masih dalam ekadaan basah, baik di bagian luar maupun dalam smartphone, kecerobohan seperti itu hanya akan membuat smartphone mengalami konsleting dan akhirnya benar-benar tidak dapat menyala lagi. Cara yang paling aman adalah, setelah dikeringkan lebih baik segera membawanya ke tempat service smartphone disana proses perbaikan akan dilakukan secara cermat oleh mereka yang sudah berpengalaman.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here