18 Cara Membedakan Iphone Asli dan Replika (Palsu)

5
0
BERBAGI

Iphone merupakan smartphone yang banyak sekali peminatnya. Iphone juga selalu berinovasi untuk memberikan yang terbaik buat konsumen. Namun semakin maraknya iphone KW atau replika kita menjadi takut, apakah iphone yang mau kita beli ini asli? Sebelum anda membeli, anda harus tahu cara membedakan iphone asli dan replika. Seperti apa sih perbedaannya? Yuuk cekidot

  1. Harga Murah
    Jika anda melihat di online kemudian mendapatkan promo harga yang jauh berbeda dari aslinya bisa dipastikan itu adalah iphone replika. Meskipun pada dasarnya mereka menyakinkan pembeli dengan berbagai fitur yang tersedia. Begitu juga jika anda beli di konter terdekat.
  1. Slot Micro SD
    Iphone asli tidak menyediakan slot micro SD. Iphone hanya memiliki kapasitas internal dan itu juga berbeda-beda dari setiap tipe Iphone yang ada. Diantaraya disediakan 16 GB, 64 GB dan 128 GB. Jika iphone tersebut menyediakan slot micro SD maka dipastikan itu palsu.
  1. Sistem Operasi IOS
    Iphone menggunakan sistem operasi IOS bukan android. Memang selalu ada peningkatan versi dari sistem operasi IOS. Namun sebelum membedakannya, pastikan anda tahu versi IOS yang telah dimiliki oleh apple. Cara yang bisa dilakukan cari menu setting ke general ke about lalu ke version.
  1. Aplikasi Bawaan
    Umumnya aplikasi yang dimiliki oleh Iphone diantaranya iBook, iTunes, Store, dan Mail. Jika diantara salah satunya tidak ada atau bahkan semuanya tidak ada pada smartphone anda. Maka dipastikan smartphone tersebut palsu.
  1. iTunes dan Touch ID
    Fungsi dari touch ID adalah untuk unlock atau pembayaran melalui iTunes. Jika Touch ID dan iTunes tidak bisa berjalan dengan baik, maka dipastikan terjadi kesalahan pada konfigurasi yang dilakukan dan itu merupakan iPhone palsu. Bisa juga anda lihat dari iTunes komputer yang dihubungkan langsung ke Iphone. Jika bisa dihubungan dan terbaca maka di pastikan itu asli.
  1. Nomor IMEI atau Nomor Seri
    Anda bisa mengeceknya melalui situs online apple yang asli. Masukkan nomor IMEI atau nomor seri yang terletak di box dan belakang Iphone. Jika terdapat tulisan active atau please active your phone maka dipastikan iphone anda asli. Jika tidak berarti itu iphone replika.
  1. Fitur Dual SIM
    Iphone tidak menyediakan fitur dual SIM didalamnya. Jika ada konter ataupun online shop memberikan keterangan tersebut. Pastikan Iphone itu adalah palsu.
  1. Desain Iphone
    Cara membedakannya cukup sulit, karena setiap tipe Iphone berbeda-beda desain yang dimiliki. Baik itu mencakup warna, lebar, panjang, ketebalan, ukuran layar dan lain sebagainya. Sebelum membeli cari informasi di situs youtube yang mungkin bisa membantu anda. Jika dirasa desain Iphone tidak sesuai dengan situs yang anda pelajari maka dipastikan itu Iphone replika.
  1. Logo Metalik Apple
    Semua juga sudah tahu kalau logo terletak di belakang Iphone dan ditambah juga bagian bawah belakang Iphone jika ada tulisan Designed By Apple In California Assembled In China ditambah nomor model tersebut. Maka dipastikan itu adalah Iphone asli, begitupun sebaliknya.
  1. Box
    Selain smartphone yang diperhatikan sangat detail dan memiliki kualitas tinggi begitu juga box Iphone yang melindunginya. Box Iphone disetiap sudutnya memiliki ujung yang tajam. Pastikan anda menerima semua kualitas premium diantaranya tertera nomor IMEI di box sama dengan nomor IMEI di belakang smartphone apple atau Iphone.
  1. Kelengkapan Isi Box
    Iphone asli memberikan semua kelengkapan isi box diantaranya kabel USB, charger, earphone dan buku panduan.
  1. Garansi
    Garansi yang diberikan di situs resmi Iphone adalah 1 tahun. Jika Iphone yang anda beli tidak ada garansinya maka dipastikan itu adalah Iphone palsu.
  1. Cek Panduan Lengkap Quick Guide dan Stiker Apple
    Seperti poin ke 11. Terdapat kelengkapan berupa buku panduan dan sticker apple. Dan pastinya buku panduan berfungsi untuk menjabarkan semua informasi mengenai teknologi dan fitur Iphone yang anda beli.
  1. AppStore
    Jika smartphone android memiliki fitur playstore maka apple disebut appstore. Nah kalaupun setelah anda mengecek tidak ada aplikasi appstore maka dipastikan Iphone anda merupakan iphone replika atau palsu.
  1. Material
    Harga yang fantastis dan tentunya sering digunakan oleh kalangan atas, maka material yang digunakan berkualitas premium. Sebelum anda membeli, perhatikan material body nya. jika anda dirasa itu tidak sesuai atau tidak nyaman, maka jangan membelinya.
  1. Retina Display
    Sebelum anda membeli Iphone, pastikan bahwa layar yang anda lihat dari beragam menu itu jelas. Memang sangat sulit, namun anda bisa membandingkan dengan Iphone milik orang lain. Jika salah satu Iphone itu lebih buram layarnya maka dipastikan Iphone itu palsu atau replika.
  1. Field Test Mode
    Anda perlu masuk ke menu panggilan dan kemudian ketik *3001#12345#* dan call. Setelah anda tekan tombol call dan tidak menampilkan serving cell info dan SIM info, maka dipastikan Iphone yang anda gunakan replika.
  1. Tombol Screenshot
    Informasi ini sangat mudah di praktekkan. Tombol screenshot Iphone hanya bisa dilakukan dengan menekan tombol kunci dan home secara bersamaan.  Jika iphone anda tidak bisa dibuktikan dengan itu maka dipastikan Iphone replika.

Demikian penjelasan mengenai cara membedakan Iphone asli dan retail. Terkadang memang membingungkan meskipun tampak luar itu sama bukan berarti bagian dalamnya itu juga sama. Anda benar-benar harus teliti membeli Iphone, kalau bisa anda membelinnya disitus resmi Iphone, karena harganya pun juga mahal. semogar artikel ini bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here